Monday, January 20, 2014

Wisma Apung : Karimun Jawa


Salah satu alasan memilih penginapan terapung di Karimun Jawa adalah pemandangan yang langsung mengarah ke perairan. Pemandangan itu pun tersaji saat membuka pintu kamar wisma. Perasaan akan riang gembira melihat gradasi biru muda menjadi tua. Melihat koral berikut ikan-ikan kecil di bagian bawah penginapan menjadi bonus dalam pengalaman menginap disini.

Selain menjadi tempat untuk tinggal selama di pulau yang indah. Penginapan di tengah laut ini juga memberikan pengalaman tak terlupakan lainnya, seperti memberi makan dan main bersama kumpulan ikan hiu yang dipelihara pihak penginapan. Tentu saja, saya tak mau kehilangan kesempatan langsung menyebur dari kamar.

Memberi makan ikan hiu

Hiu-hiu melahap makanannya

Selain memberi atau melihat ikan hiu, di tempat ini bisa melihat ikan fugu. Tahukah anda dengan ikan fugu? Ikan fugu atau dikenal dengan nama ikan buntal merupakan jenis hewan yang beracun. Jika memegang ikan tersebut apakah akan mematikan? Tentu saja tidak ada masalah jika kita pegang. Yang unik dari ikan ini adalah seni bertahan hidupnya. Jika merasa terancam, hewan ini akan mengembang seperti balon yang ditiup. Ternyata lucu juga bentuknya ikan fugu jika terancam.

Tak sabar rasanya untuk berenang langsung bersama ikan hiu disini. Selain ikan hiu, ada banyak ikan-ikan kecil di dalamnya. Ada juga jenis ikan hiu pari. Menurut saya, ikan ini cukup unik, ikan hiu tapi wajahnya terlihat seperti ikan pari memang.




Menyambi menunggu sunset dan makan malam tiba, berenang bersama hiu tidak ada salahnya. Namun, ada hewan kecil berwarna kuning yang bersembunyi di koral suka menggigit-gigit. Meskipun ukurannya hanya seperempat dari tangan dewasa, gigitannya cukup menggemaskan. Untung saja bukan ikan hiu yang menggigit.

Pengalaman menarik bagi saya untuk menginap di Wisma Apung. Waktu malam pun saya sempatkan untuk menyebrang ke Pulau Karimun Jawa untuk jalan-jalan dan mencicipi jajanan lokalnya. Perjalanan ini pun serasa lengkap dan menyenangkan untuk pertama kalinya menikmati liburan di Karimun Jawa dengan biaya yang minim.


Bintang laut, warnanya menarik



Ikan kecil yang suka menyambar, menggigit

Bulu Babi. Hati-hati dalam melangkah!

No comments:

Post a Comment